Bisnis Online Pacu Perluasan Pemasaran UMKM

Hati Rosmiyati Abdul berbunga-bunga! Ia baru ditelepon seorang mitra pengusaha Jakarta yang berkeinginan memesan kain sulam Karawo. Bagi perempuan ketua Koperasi wanita “Seruni” kelurahan Ipilo Kota Gorontalo ini kesempatan untuk mengembangkan usaha ke luar daerah.  Dalam pekan ini ia sudah banyak menerima telepon serupa, pasarnya semakin terbuka. Ini terjadi setelah memanfaatkan situs www.tokokarawo.com sebagai salah satu sarana marketing.

Seorang pengrajin membuat sulaman karawo, sulam tradisional Gorontalo di desa Bongo, Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Sulam Karawo banyak melibatkan perempuan di banyak desa

Rosmiyati tidak sendiri, di situs toko karawo juga terdapat banyak pengusaha dan pengrajin karawo. Mereka memanfaatkan website ini untuk mengembangkan usahanya. Jika dulu dulu pemasarannya hanya sebatas konsumen lokal, kini dengan menyentuh teknologi kegiatan marketingnya ke seluruh dunia.
Bagi mereka, internet adalah barang baru, pengetahuan baru dan peluang baru. Mesti umur sudah melewati 40 tahun, mereka bersemangat untuk memahami dunia baru ini. Mereka mengaku kalah dengan anak-anak muda yang lebih dulu paham. Namun tidak ada yang salah dalam belajar, mereka tidak segan bertanya pada yang muda.
“Alhamdulillah, ada hasilnya, sudah ada yang mulai pesan biar belum banyak, ini juga masih baru” kata Rosmiyati. Umumnya yang pesan pada tahap awal ini berasal dari perseorangan, orang Gorontalo yang sudah lama berada di luar daerah. Mereka ingin mengenakan sulam tradisional daerahnya.

Sebuah situs yang dibuat untuk memasarkan produk Gorontalo. Pengusaha UMKM mulai melirik bisnis online untuk mengenbangkan usahanya

Kehadiran internet dirasakan sangat bermanfaat, pasar sulam karawo semakin besar. Siapapun dan dimana pun dengan leluasa bisa mengakses dan mendapatkan informasi produk secara baik.
“ternyata kalau sudah masuk internet bisa dibuka di mana saja, sehingga lebih banyak orang yang tahu tentang sulam karawo, saya baru tahu” aku Rosmiyati.
Kehadiran internet bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gorontalo memang sangat membantu. Apalagi kondisi geografi dan sarana transportasi di daerah yang relatif masih perlu ditingkatkan, maka layanan internet merupakan jembatan bisnis yang akan mengantarkan pelaku usaha pada kesuksesan.
Melalui internet produk-produk khas Gorontalo dapat diekspos secara luas dan terus-menerus. Ini akan menciptakan pasar yang lebih luas, dan kesempatan transaksi lebih banyak. Hasilnya adalah perputaran usaha yang cepat dan berkelanjutan.
Pemanfaatan internet untuk pengembangan bisnis ini sudah diakui oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan sejumlah pengusaha dilatih mengenalan bisnis online.
Peserta pelatihan ini adalah pengusaha mikro yang berasal dari beberapa daerah di provinsi Gorontalo, umumnya mereka adalah produsen makanan khas seperti pia Gorontalo dan pengrajin sulam karawo.
Dari pelatihan ini para pengusaha secara pelan-pelan mencoba memanfaatkan internet sebagai media promosi.
Kantor Bank Indonesia Perwakilan  Gorontalo bahkan lebih baik dalam menautkan pengusaha dan internet. Mereka memulai dari pelatihan-pelatihan dasar pembuatan sulam karawo, mulai dari pengirisan serat, penyulaman hingga disain motif. Selain itu para pengrajin dan pengusaha mikro ini juga dilatih tata cara pengelolaan administrasi keuangan sederhana. Dan yang berikutnya Bank Indonesia membuatkan situs yang khusus dibuat untuk pemasaran sulam karawo, namanya www.tokokarawo.com yang sudah dimanfaatkan banyak pengrajin dan pengusaha.

Website http://www.tokokarawo.com yang secara khusus menjual sulaman karawo Gorontalo. Bisnis online menjadi alternatif pengembangan pasar

Cerita bahagia pengrajin karawo dan pelaku usaha seperti Rosmiyati Abdul berawal dari pelatihan ini.
Peningkatan penjualan produk lokal akan berdampak pada meningkatnya produksi, ini berarti sumber daya alam, manusia, dan keahlian akan semakin tinggi pula. Sehingga yang terkait dalam proses produksi akan mendapat penghasilan yang bertambah, mengurangi pengangguran serta mengurangki angka kemiskinan di daerah sekitarnya.
Bisnis online juga mempercepat mobilitas usaha secara vertikal, dari usaha mikro ke usaha kecil, kecil ke memengah dan menengah ke besar. Demikian juga dari yang potensial menjadi layak (feasible), dan layak ke bankable.
Di sisi pelanggan, hadirnya bisnis online merupakan kemudahan dalam mencari produk dan bertransaksi. Bagi mereka yang membutuhkan sesuatu produk atau jasa dapat dengan mudah melakukan pencarian, dan dalam hitungan detik langsung tersaji apa yang dibutuhkan.
Dengan menghubungi alamat melalui telepon, email atau bahkan langsung chatting/video call transaksi bisa segera diwujudkan. Sederhana dan mudah!
Membaiknya fasilitas telekomunikasi yang mendasari layanan bisnis online akan meningkatkan volume perdagangan secara global. Sekat-sekat wilayah dan jarak yang selama ini menjadi hambatan akan semakin terbuka. Bisnis online semakin semarak, semakin disukai masyarakat.
(Rosyid Azhar – Gorontalo)

Iklan

Tentang GORONTALO HOLIDAY

Warga Gorontalo yang menyukai pertemanan, diskusi dan sedikit fotografi serta tulis-menulis
Pos ini dipublikasikan di Budaya, Ekonomi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s