Layanan Broadband Tumbuhkan Usaha Ekonomi Kreatif

Kehadiran layanan broadband di Provinsi Gorontalo telah memberi ruang bagi masyarakat untuk menumbuhkembangkan kegiatan ekonomi. Melalui layanan ini sarana promosi dan peluang kerjasama ekonomi terbuka luas.

Seorang nelayan menurunkan ikan tuna yang baru ditangkap di teluk Tomini. Potensi perikanan tangkap Gorontalo terus meningkat seiring pembaruan armada dan fasilitas penangkapan

Di tiap kecamatan dan desa di Provinsi Gorontalo, usaha rintisan muncul berbarengan dengan masuknya layanan komunikasi. Kios-kios penyedia voucher isi ulang, starter pack, handset telepon genggam dan aksesoris buatan lokal memarakkan pasar daerah.
Penggunaan komunikasi seluler sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, bukan saja untuk layanan suara (voice) dan pesan singkat (SMS), namun juga kebutuhan penggunaan data. Yang terakhir ini banyak digunakan untuk menjelajah jejaring sosial semisal facebook dan twitter. Hampir semua memiliki akun salah satu atau keduanya. Bahkan pada pengguna Blackberry, komunikasi melalui Blackberry Massenger (BBM) sudah sangat familiar bagi masyarakat.
“Awalnya saya hanya menyukai facebook untuk berkomunikasi dengan yang lain, namun kemudian saya memanfaatkan untuk jual beli barang bekas secara online. Modalnya hanya handset telepon genggam yang selalu saya ada di tangan” kata Husein Rahman, warga Kota Gorontalo, Selasa (28/8).
Bagi Husein, telepon genggam yang dimiliki tidak hanya untuk komunikasi suara (voice) dan pengiriman pesan singkat (SMS), namun sudah bisa dijadikan sarana menjalankan usaha untuk menambah penghasilan bulanannya.

Tradisi walimah adalah kegiatan pariwisata yang menarik di Gorontalo. Marketing kegiatan ini dapat dilakukan melalui jejaring internet

Setiap hari ia membuka internet dan memanfaatkan layanan broadcast Blackberry messengernya, selama 24 jam sehari semua lalu lintas penawaran dan permintaan barang dapat dipantau tanpa harus meninggalkan tempatnya bekerja, sesekali ia melakukan komunikasi jika ada barang yang diminati atau penawarannya disukai orang.
“Meski belum banyak, ada beberapa teman di Gorontalo yang menitipkan barangnya untuk dijual secara online, Alhamdulillah hasilnya menggembirakan” papar Husen Rahman yang mengaku sekali transaksi nilainya hingga belasan juta rupiah.
Untuk barang yang dimilikinya, sebelum ditawarkan ia melakukan pemotretan dengan handset Blackberry atau ponsel lainnya, lalu foto ini diunggah di website atau situs jejaring sosial dengan disertai keterangan secara detail agar memudahkan pembeli mengidentifikasi produknya.
Demikian juga jika ia menginginkan produk dari penjual lain, ia bisa menawar harga. Produk ini akan dijual kembali ke masyarakat.
“Mudah dan singkat, ini manfaat layanan data dari Telkomsel. Kalau memasang iklan di koran atau media luar ruang tidak terjangkau biayanya” aku Husein bangga.
Husein Rahman tidak sendirian dalam memanfaatkan layanan data di Gorontalo, masih banyak masyarakat maupun pelaku usaha yang memanfaatkan layanan data untuk kegiatan ekonomi secara optimal. Mereka menawarkan produk khas Gorontalo seperti kue pia, makanan ringan berbahan ikan, ikan asap dan abon rowa, souvenir, kaos oblong, ikan nike kering, sulaman dan baju karawo hingga paket rias dan foto pernikahan.
Promosi melalui layanan data ini dianggap paling efektif dan efisien karena berlangsung 24 jam sehari sepanjang tahun tanpa henti. Di sisi lain, masyarakat yang membutuhkan juga bisa dengan mudah mencari kebutuhan produk.
“Bisa dicari di mesin pencari google atau yang lainnya, sangat cepat dan mudah” kata Husein.

Kegiatan pemasyarakatan blog bagi pengguna internet salah satu tujuannya adalah promosi bisnis

Manfaat layanan data yang mudah, praktis dan murah ini dilirik pemerintah provinsi Gorontalo. Melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilatih untuk memanfaatkan internet untuk kegiatan promosi produk.
“Pelatihan pemanfaatan website untuk pelaku UMKM sudah kami lakukan, kami berharap pelaku UMKM Gorontalo dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan produk mereka, terutama menggarap pasar luar daerah, kalau bisa luar negeri. Ini juga untuk meningkatkan daya saing produk lokal” kata Kadis Koperindag, Fachruddin Olilingo.
Pertumbuhan sektor pengangkutan dan komunikasi di provinsi Gorontalo pada triwulan pertama tahun ini mencapai 7,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan ini sangat signifikan mengingat daerah ini merupakan salah satu provinsi baru dengan infrastruktur yang masih minim.
Sementara sektor lainnya hanya tumbuh 5,76 persen pada sektor pertanian, 6,66 persen di sektor listrik, gas dan air bersih  dan jasa-jasa yang tumbuh 7 persen. (*)

(Rosyid Azhar – Gorontalo)

Iklan

Tentang GORONTALO HOLIDAY

Warga Gorontalo yang menyukai pertemanan, diskusi dan sedikit fotografi serta tulis-menulis
Pos ini dipublikasikan di Budaya. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Layanan Broadband Tumbuhkan Usaha Ekonomi Kreatif

  1. Ahmad hanapi berkata:

    Kami butuh bantuan untuk memasarkan Rumput laut,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s