Semarak Festival Karawo 2012

Semarak Festival Karawo 2012.

Hujan ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat Gorontalo untuk menyaksikan parade Karawo Akbar 2012 di Gorontalo Mall. Sebanyak 2.000 peserta parade karawo yang memakai adibusana atraktif unjuk kebolehan didepan ribuan masyarakat di halaman parkir Gorontalo Mall hingga pukul 21.00 Minggu (9/12).

Seorang peserta FDestival Karawo dengan pakaian karawo yang dikombinas berbagai aksesoris  memukau penonton

Seorang peserta FDestival Karawo dengan pakaian karawo yang dikombinas berbagai aksesoris memukau penonton

“Parade Karawo 2012 lebih semarak dari tahun sebelumnya, jumlah peserta yang mengikuti juga meningkat dan kreatifitasnya jauh lebih baik, itu terlihat dari kesungguhan mengikuti hingga akhir acara” kata Wahyu Purnama A, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Festival Karawo 2012 hasil kerja bareng Pemprov Gorontalo, Bank Indonesia serta Dekranasda Gorontalo. Wahyu Purnama menambahkan, tahun 2011 dampak kegiatan ini terasa melalui peningkatan transaksi bisnis karawo yang mencapai Rp1 Miliar lebih, maka di tahun 2012 diperkirakan akan lebih baik. Hal ini dilihat dari kepesertaan yang lebih semarak.

Karawo2

Dampak Festival Karawo ini secara riil akan dirasakan oleh pelaku usaha Karawo baik pengrajin, desainer, pedagang maupun unsur pendukung festival lainnya seperti model, fotografer dan salon.

“Kita telah membangun image bahwa Karawo merupakan bagian dari kebanggaan masyarakat Gorontalo” jelas Wahyu.

Parade yang diikuti oleh 50 kontingen dari SKPD, perbankan, BUMN, perusahaan swasta, universitas, dan partisipan masyarakat berlangsung meriah.

“Parade sore ini sangat luar biasa, menampilkan sulam tradisional Karawo yang kreatif dan dapat disejajarkan dengan kerajinan terkenal di tempat lain” papar Gabriela Stephanie Toreh, Siswi SMUN 1 Gorontalo.

Karawo3

Sementara itu Yus Iryanto Abas, praktisi desain Karawo mengaku cukup bangga dengan kegiatan yang digagas Pemprov-BI-Dekranasda, bila orang Jawa Timur bangga dengan Jember Fashion Carnival, orang Gorontalo juga boleh berbangga dengan Festival Karawo yang semakin semarak dibandingkan tahun lalu.

Tidak ketinggalan puluhan fotografer yang memadati hampir sekeliling red carpet parade.

Rosyid Azhar, Ketua Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG) sangat bangga MFG menjadi bagian dari event tersebut, dan berharap Festival Karawo menjadi festival rutin tahunan dan tumbuh menjadi identitas unik Gorontalo.

Karawo4

“Festival Karawo 2012 berlangsung 7-9 Desember merupakan upaya bersama Pemprov-Bank Indonesia-Dekranasda untuk menumbuhkan usaha mikro sulaman karawo masyarakat. Kegiatan ini tidak terhenti disini saja, segala upaya perbaikan di sektor usaha ini akan terus dilakukan untuk menjadikan Karawo sebagai identitas Gorontalo” pungkas Rosyid Azhar yang sejak awal terlibat dalam ide pergelaran akbar Festival Karawo ini. (*)

Iklan

Tentang GORONTALO HOLIDAY

Warga Gorontalo yang menyukai pertemanan, diskusi dan sedikit fotografi serta tulis-menulis
Pos ini dipublikasikan di Budaya dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Semarak Festival Karawo 2012

  1. Ketykeket berkata:

    saya baru tau tentang festifal ini, semoga ada rezeki dan bisa menyaksikan langsung di gorontalo…^^

  2. ainsyah berkata:

    sy senang dengan adanya festifal ini ,.. sbab menggali potensi dan kreatifitas dari desain karawo ,… namun mngkin sbgai saran saja.. boleh dong digelar karawoo terbesar atau terpanjang yg bs menarik perhatian MURI trus untuk seperti foto diatas ,.. trus jadi lucu jg klo liat model dengan pluhan meter lembar kain di tubuhnya sementara karawonya hanya disemat kecil pada desain glamournya…harusnya lebih menonjolkan karawonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s