Jambore Fotografi Gorontalo (JFG) 2 : Persembahan MFG Untuk Gorontalo

 Setelah sukses menggelar Jambore Fotografi  Gorontalo (JFG) pertama pada tahun 2011 di desa Bongo, Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG) kembali menggelar JFG 2 yang bertempat di Desa Lombongo, Bone Bolango, Selasa (25/12).

Sebagian peserta Jambore Fotografi Gorontalo (JFG) 2 di Lombongo, yang dilaksanakan oleh Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG).

Sebagian peserta Jambore Fotografi Gorontalo (JFG) 2 di Lombongo, yang dilaksanakan oleh Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG).

.

“Kami memilih kabupaten Bone Bolango sebagai lokasi JFG 2 karena di daerah ini sering dilanda bencana. Untuk itu kami mengajak pada komunitas fotografer dan masyarakat umum untuk selalu menjaga lingkungan” kata Husein Utiarahman, Ketua Panitia JFG 2.

Husein menuturkan selama sehari, kegiatan JFG 2 difokuskan pada  pemotretan macro, wildlife, adventure, landscape dan modeling, yang semuanya dilaksanakan di Lombongo.

Jalak

Saat sesi Macro Photography, serangga, kupu-kupu dan binatang-binatang kecil menjadi bintang. Para fotografer mengabadikan binatang dengan lensa khusus yang didisain untuk foto-foto dengan subyek mungil. Selain serangga, hidupan lumut dan tumbuhan unik mungil di pinggiran sungai atau menempel di tanaman inang tidak lepas dari bidikan kamera.

“Macro photography selalu menarik, subyek foto dekat di sekitar, dan tidak pernah membosankan. Misalnya wajah capung dengan mata majemuknya yang menawan” kata Tamin Ibrahim, dosen Bilogi UNG yang aktif di MFG.

Pakis

Sementara itu, Roby Latief, yang menyukai landscape memperlihatkan hasil fotonya yang mengusung gambar dengan didominasi foreground tutupan tanaman dengan batang pohon yang besar sementara di belakangnya berjejer layer bukit dengan gradasi warna yang semakin muda di bagian belakangnya (background).

“Gorontalo sangat indah dan memikat, adalah kewajiban kami dari MFG untuk mempromosikan dan mengenalkan daerah ini kepada dunia” papar Citra Mentari, anggota MFG yang berstatus mahasiswa.

Difane Cahyo Awaluddin, siswa kelas 5 SD yang baru disunat sehari sebelumnya turun dengan lensa tele-nya. Anak AKBP Fammudin SIK ini sedang menggandrungi pemotretan burung, “Alhamdulillah ada elang hitam Sulawesi yang melintas di lokasi, lumayan tinggi, akhirnya cukup dinikmati dengan melihatnya” kata siswa SD yang pernah mengikuti Canon Photo Marathon Indonesia 2012.

Selain Difane, fotografer cilik lainnya adalah M Indraditya Danishwara (kelas 1) dan Tristan Rajasa Dianindra (kelas 3 MIT Al-Ishlah Gorontalo). (*)

Suksesnya JFG 2 ini tidak lepas dari kerjasama  anggota Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG) dan Dinas Hubpar Kominfo Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Anak-anak desa Lombongo asyik menonton para fotografer di pinggiran sungai

Anak-anak desa Lombongo asyik menonton para fotografer di pinggiran sungai

Kolaborasi ini menyuguhkan karya fotografi yang memikat dan modern.  Eksplorasi foto  tentang alam dan lingkungan disuguhkan dalam bentuk cetak (print) maupun online, sehingga banyak yang mengetahui hasil karya para fotografer Gorontalo.

Selain itu tema lingkungan juga disuguhkan sebagai sarana kampanye penyelamatan alam Gorontalo.

“Kami mengajak semua pihak untuk peduli pada lingkungan, stop illegal loggong dan perambahan hutan. Saatnya kita muliakan lingkungan agar memberi daya dukung kehidupan kepada umat manusia” tutur Adiwinata.

Hal serupa juga dikatakan Indra Dunggio, “Foto adalah sarana yang kuat untuk mempengaruhi publik dalam  penyelamatan lingkungan, melebihi bahasa tulis atau kata”.

Sebagai klub foto yang pertama berdiri di Gorontalo, MFG saat ini memiliki lebih dari 100 anggota yang teregister, di group jejaring social facebook anggota MFG mencapai 462 orang.

“Semua karya foto anggota MFG didedikasikan untuk kemajuan Gorontalo” pungkas MS Halid, mahasiswa Pertanian UNG.

Iklan

Tentang GORONTALO HOLIDAY

Warga Gorontalo yang menyukai pertemanan, diskusi dan sedikit fotografi serta tulis-menulis
Pos ini dipublikasikan di Budaya dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jambore Fotografi Gorontalo (JFG) 2 : Persembahan MFG Untuk Gorontalo

  1. huaaaaaa… saya ga ikutan jambore ke2.. hiks..hiks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s