Upaya Konservasi Mandiri Maleo di Pohulongo

Masyarakat Pinogu secara swadaya melakukan upaya konservasi burung maleo, mereka berhasil menetaskan telur di hatchery darurat.

Seekor anakan burung maleo (Macrocephalon maleo) menetas di hatchery darurat yang dikelola masyarakat di Pohulongo, Kabupaten Bone Bolango.

Munculnya burung endemik sulawesi dari dalam tanah ini merupakan kabar gembira bagi warga. Ini adalah peristiwa pertama kali di tahun 2018 keberhasilan upaya konservasi yang dilakukan secara swadaya masyarakat.

Maleo.jpg

Burung Maleo di Cagar Alam Panua. Foto Idham Ali

“Sejak pertengahan Desember lalu masyarakat mengumpulkan telur maleo dan memindahkan ke lokasi penetasan darurat,” kata Bagus Tri Nugroho, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional I Limboto, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Telur maleo yang berada dalam tanah digali kembali dan dipindahkan ke lokasi yang dibuat masyarakat, hal ini untuk mengurangi gangguan predator alam dan manusia.

“Predator alami yang umum adalah biawak dan ular, jika telur sudah menetas dan anakan berusaha naik ke permukaan, semut atau akar pohon menjadi pembunuhnya, jika sudah berada di atas tanah elang atau hewan lain siap menerkam,” kata Taufik Nadjamuddin, warga Pinogu yang melakukan inisiasi penyelamatan maleo di Pohulongo.

Pengumpulan telur maleo sejak pertengahan Desember lalu mencapai 42 butir, dan di antara telur ini sudah ada 1 yang menetas.

Kawasan peneluran maleo Pohulongo merupakan daerah yang berada di dalam taman nasional, di daerah ini terdapat panas bumi. Burung maleo meletakkan telurnya sekitar 30-50 cm dalam tanah membiarkan panas bumi mengerami hingga menetas.

Meski tidak terlalu luas, Pohulongo merupakan kawasan peneluran yang aktif.

Saat menetas, anakan maleo ini keluar dari dalam tanah dan langsung terbang saat mencapai permukaan.

 

Pernah dimuat di kompas.com
https://regional.kompas.com/read/2018/02/09/16371301/untuk-kali-pertama-pada-2018-anak-burung-maleo-menetas-di-pohulongo

Iklan

Tentang GORONTALO HOLIDAY

Warga Gorontalo yang menyukai pertemanan, diskusi dan sedikit fotografi serta tulis-menulis. Bisa dihubungi di 081244440688
Pos ini dipublikasikan di Alam, Budaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s